Minggu, 22 Januari 2012

Bintang Korea yang Bersinar di Tahun 2011

   Tahun 2011 memang telah berakhir, dan panggung hiburan Korea telah melahirkan banyak bintang-bintang baru. Beberapa survei telah dilakukan dan menghasilkan daftar bintang yang paling bersinar sepanjang tahun 2011. Siapa saja mereka?



Kim Soo Hyun Pendatang Baru Terbaik 2011


Image     Tahun 2011 diwarnai oleh banyaknya debut, baik di dunia musik maupun akting, namun siapa yang paling menonjol di antara yang lain? OSEN membuat jajak pendapat atas 48 wakil dari bidang penyiaran, musik, dan film untuk memilih siapa yang menurut mereka paling bersinar tahun ini. Beberapa dari 48 wakil yang disurvei adalah PD (produser) Park Kyung Duk dari acara SBS Inkigayo, PD Cho Hyo Jin dari Running Man, CEO Yang Geun Hwan dari KeyEast Entertainment, CEO Kim Young Min dari SM Entertainment, CEO Jung Wook dari JYP Entertainment, CEO Hong Seung Sung dari Cube Entertainment, serta komposer Shinsadong Tiger dan Brave Brothers. 

Kim Soo Hyun, yang kini sudah memasuki tahun kelimanya di dunia hiburan, menduduki posisi pertama berkat penampilan gemilangnya di serial Dream High. Dia telah menanjak menjadi salah satu aktor yang paling dicari tahun ini. Di tahun 2012 ini , dia akan merilis film Thieves serta serial sejarah-fantasi berjudul The Moon That Embraces The Sun. 

Posisi kedua jatuh pada aktor Lee Je Hoon, yang meraih total 10 poin dengan penampilannya di film The Front Line. Dia memenangkan total lima penghargaan pendatang baru dan saat ini tengah syuting dua film baru. Salah satunya adalah film An Introduction to Architecture. 

Di posisi ketiga ada pemenang Superstar K2, Huh Gak, dengan tujuh poin. Sementara pemenang Superstar K3 Oohlala Session menyusul di posisi keempat dengan lima poin. Posisi kelima diisi oleh “idola tren” INFINITE, diikuti oleh aktris Kang So Ra di posisi keenam lewat aktingnya di film Sunny, Moon Chae Won di posisi ketujuh, dan komedian Choi Hyo Jong di posisi kedelapan.


Girls’ Generation Bintang Terbaik 2011


Image     Selain memilih pendatang baru terbaik 2011, 48 wakil industri tersebut juga memilih daftar Bintang Terbaik 2011! Girlband Girls’ Generation merebut posisi teratas dengan suara dari 15 wakil. Hal yang patut digarisbawahi adalah para wakil yang memilih mereka sama sekali tak ada kaitannya dengan Girls’ Generation maupun perusahaan manajemen mereka. Banyak yang memilih Girls’ Generation dibanding artis mereka sendiri. Para wakil di luar industri musik juga memilih Girls’ Generation, termasuk PD dari berbagai acara variety show serta sutradara film.Setelah melakukan promosi di luar negeri sepanjang tahun, Girls’ Genera-tion menuai sukses tanpa henti lewat The Boys, merajai KBS Music Bank selama 6 minggu berturut-turut, dan menjual lebih dari 300.000 kopi albumnya. Saat mendengar kabar bahwa mereka menduduki posisi pertama, Girls’ Genera-tion berkata, “Terima kasih atas perhatian kalian. Kami akan bekerja lebih keras untuk menunjukkan hasil yang lebih baik tahun depan.”  

Di posisi kedua ada Kim Byung Man yang mendapat 8 suara, membuatnya berhak atas gelar bintang variety paling mewakili tahun ini. Dari Gag Concert hingga Kiss and Cry, semangatnya untuk menghibur telah menyentuh semua sektor dalam industri hiburan. 

Aktor Cha Seung Won menduduki posisi ketiga dengan lima suara berkat aktingnya sebagai Dokko Jin di serial MBC The Greatest Love. Hyun Bin dan IU seri di posisi keempat dengan masing-masing empat suara. Keduanya sama-sama menciptakan kehebohan awal tahun ini. Hyun Bin populer lewat Secret Garden sementara IU tenar lewat lagu Good Day.

Bintang lainnya yang mendapatkan satu suara atau lebih di antaranya adalah Im Jae Bum, Han Suk Gyu, Jang Geun Suk, Yoo Ah In, dan Song Joong Ki. 


INFINITE Best Idol 2011


Image     Sementara itu, acara MBC Every1 Weekly Idol baru-baru ini mengadakan survei ter-hadap para bintang idola untuk memilih ‘Best Idol of 2011’.Meski menarik untuk melihat pendapat para wakil industri dan fans tentang topik ini, namun pendapat para idola tentang rekan-rekannya tidak demikian. 

Mereka yang terlibat dalam survei ini di antaranya adalah BEAST, INFINITE, B1A4, G.NA, T-ara, Brown Eyed Girls, dan banyak lainnya.

Di posisi pertama untuk kategori ‘The Hottest Trend Idols of 2011’ adalah INFINITE. “INFINITE sudah mencapai posisi sebagai idola paling trendi!” kata Miryo Brown Eyed Girls. “Hanya dengan lagu-lagunya saja, mereka berhasil mendapat perhatian publik dan ketenaran,” tambah No Eul dari girlband Rainbow. Banyak yang menyebut popularitas lagu Be Mine dan Paradise sebagai alasannya.


Artis K-Pop dengan Angka Penjualan Tertinggi di Jepang 


Image     Beberapa tahun terakhir banyak artis Korea yang menyerbu pasar Jepang. Siapa di antara mereka yang berhasil menjadi jawara tahun ini? Menurut “2011 Annual Artist Sales Ranking” yang disusun oleh chart Oricon, KARA dan Girls’ Generation memiliki angka penjualan tertinggi tahun ini di antara artis K-Pop lain-nya di Jepang. 

Berdasarkan catatan penjualan Oricon mulai 7 Desember 2010 hingga 9 Desember 2011, KARA dan Girls’ Generation merupakan dua artis paling laris di Jepang saat total penjualan single dan albumnya di-jumlahkan. Prestasi ini juga menem-patkan KARA dan Girls’ Generation di posisi 4 dan 5 di antara semua artis di Jepang.Total angka penjualan KARA mulai 2011 adalah 4,9 miliar Yen (US$ 62,9 juta), tepat di belakang beberapa artis populer Jepang seperti AKB48 (US$ 208 juta), ARASHI (US$ 196,5 juta), dan EXILE (US$ 71,9 juta). Total pendapatan Girls’ Generation menca-pai 4 miliar Yen (US$ 51,9 juta), yang merupakan kelima tertinggi setelah EXILE.Album Super Girl milik KARA ter-jual 450.595 kopi, sementara album Girl’s Talk mencatat angka 277.306 kopi di Jepang, dan masing-masing menduduki posisi 7 dan 22. Single-single mereka, Go Go Summer dan Jet Coaster Love, juga menduduki posisi 25 dan 26 dalam total penjualan.Girls’ Generation milik Girls’ Generation menjadi album terlaris kelima di Jepang dengan penjualan 642.054 kopi, sementara single Hoot terjual 148.761 kopi, atau 42 terlaris di antara semua artis di Jepang. Sementara itu, Tohoshinki alias TVXQ memiliki dua single (Jepang) yang masuk di Top 50 – Why? (Keep Your Head Down) dan Superstar – yang masing-masing menduduki posisi 16 dan 41. Jang Geun Suk menduduki posisi 29 dengan angka penjualan 215.714 kopi.


10 MV Paling Banyak Ditonton di YouTube 2011


Image     Gambaran akan demam K-Pop yang melanda dunia juga bisa dilihat dalam situs portal video terbesar, YouTube. Tanggal 21 Desember lalu, YouTube mengu-mumkan 10 MV yang paling banyak ditonton oleh warga Korea (tidak termasuk mereka yang mengakses dari luar Ko-rea) sejak 1 Januari 2011. 

Menurut laporan itu, MV K-Pop yang paling banyak ditonton di Korea se-lama 2011 adalah Wonder Girls dengan lagu hit Be My Baby. 

Single solo HyunA, Bubble Pop, menduduki posisi kedua, sementara The Boys dari Girls’ Generation menduduki posisi ketiga dan memegang rekor sebagai MV yang langsung ditonton 400.000 kali saat dirilis.

Di posisi keempat adalah STEP yang diambil dari album ketiga KARA. Lagu ini mendapat banyak dukungan di Jepang. Posisi kelima dan enam jatuh pada 2NE1 dengan lagu Lonely dan I Am the Best. Roly Poly milik T-ara menduduki posisi ketu-juh, disusul oleh f(x) dengan Pinocchio di posisi kedelapan, SISTAR dengan So Cool di posisi kesembilan, dan miss A dengan Good Bye Baby di posisi kesepuluh. 

“K-Pop memiliki dampak yang terus membesar di dunia, begitu besar hingga YouTube telah meluncurkan kategori resmi ‘K-pop’ di situsnya. Saya rasa kekuatan penggerak di balik penyebaran K-Pop yang begitu cepat di pen-juru dunia adalah cinta tanpa henti serta dukungan yang ditunjukkan para fans di Korea kepada artis favoritnya,” terang Yeum Dong Hoon dari Google Korea.


Hyun Bin Aktor No. 1 yang Membuat 2011 Bersinar


Image     Di hari yang sama (21/12), Korean Gallup mengu-mumkan hasil jajak pendapatnya, yang digelar mulai 18 November hingga 7 Desember dengan 1.728 responden berusia lebih dari 13 tahun. 

Hyun Bin menduduki posisi pertama dengan 9,2% suara berkat perannya sebagai Kim Joo Won di serial SBS Secret Garden.Aktor tampan itu hanya menempati posisi kelima di jajak pendapat tahun lalu. Tapi, setelah Secret Gar-den ditayangkan, namanya melejit ke posisi pertama tahun 2011, membuktikan ‘Sindrom Secret Garden’ masih kuat terasa pengaruhnya. Han Suk Kyu dari serial SBS Tree with Deep Roots menempati posisi kedua dengan 7,1%, sementara Kim Tae Hee merebut posisi ketiga dengan 7% lewat serial MBC My Princess. Soo Ae menyusul di posisi berikutnya dengan serial SBS A Thousand Days' Promise, di mana dia memerankan karakter emosional yang menderita Alzheimer. Se-mentara Jang Hyuk menduduki posisi kelima lewat perannya dalam serial Tree with Deep Roots. Posisi berikutnya diisi oleh Go Doo Shim, Song Joong Ki, Lee Soon Jae, Lee Seung Ki, dan Kang Boo Ja.   


Post By : Hwa Geum Yeon
Source  : A+457

Tidak ada komentar:

Posting Komentar