Popularitas JYJ makin menanjak saja. Kini, ketiga mantan personel TVXQ
itu siap menggelar konser tunggalnya di dua negara di Amerika Selatan.
Semua itu berkat kekuatan situs jejaring sosial yang sudah
memperkenalkan musik mereka pada publik dunia.
Hibur Fans di Chile dan Peru
JYJ sudah mengumumkan rencana mereka untuk tur ke Amerika Selatan. “Tur
konser JYJ ke Amerika Selatan sudah dipastikan. Konser tunggal JYJ
tersebut akan digelar 9 Maret di Chile, dilanjutkan di Peru pada 11
Maret,” ungkap C-JeS Entertainment pada 4 Januari lalu. Konser pada 9
Maret mendatang akan digelar di Teatro Caupolican di Santiago, Chile
yang sebelumnya pernah menjadi venue bagi konser KORN dan X JAPAN.
Sementara pertunjukan pada 11 Maret digelar di Explanada Sur del Estadio
Monumental di Lima, Peru yang memiliki kapasitas 5.000
penonton.“Popularitas JYJ di Amerika Selatan memiliki kelas yang berbeda
dari demam K-Pop lainnya. Ketenaran mereka melampaui artis lokal serta
artis-artis pop Amerika, dan mereka memiliki dukungan besar dari para
remaja serta fans berusia 20-an,” kata promotor JYJ di Amerika
Selatan.Sementara personel JYJ sendiri berkomentar, “Negaranya sangat
jauh dan penerbangannya melebihi 30 jam. Setelah merilis album berbahasa
Inggris (The Beginning) tahun 2010 lalu bersama Kanye West dan Rodney
Jerkins, jumlah fans di Amerika tumbuh dengan cepat. Karena itu, meski
kedua negara itu sangat jauh, tapi rasanya juga sangat dekat bagi kami.”
“Selama 2010 Worldwide Album Showcase, banyak fans Amerika Selatan yang
datang ke konser kami di beberapa kota seperti Los Angeles dan San
Francisco, bahkan hingga ke Eropa. Mereka sudah lama ingin kami datang
ke Amerika Selatan. Kami senang bisa menepati janji kami pada fans, dan
kami akan mempersiapkan pertunjukan sempurna untuk menyamai semangat
Amerika Selatan,” lanjut JYJ.“Demam K-Pop dan kegembiraan JYJ memiliki
jalur berbeda... Kami tak ingin ini dianggap sebagai tantangan baru
Hallyu. Ini bukanlah masalah ke mana seseorang menggelar konser
mancanegara pertama mereka, namun lebih mengenai seberapa banyak dan
konten seperti apa yang dibawa ke pertunjukannya,” kata CEO C-JeS
Entertainment, Baek Chang Joo. “Ini bukanlah konser untuk mencoba
mendapatkan fans baru. Ini adalah konser di mana kami ingin membalas
fans JYJ atas cinta dan dukungan mereka. Bagi fans Amerika Selatan yang
sudah menunggu lama, kami akan menyajikan pertunjukan luar biasa yang
sarat akan vokal dan harmonisasi JYJ, selain juga berbagai pertunjukan
lainnya,” tambahnya.
Dekat Dengan Fans Berkat Twitter
Di tahun 2011, banyak berita dunia menyebar dengan cepat lewat berbagai
situs jejaring sosial. Mereka yang tak memiliki tempat untuk
menyuarakan pendapat mereka juga menggunakan situs-situs tersebut untuk
mengekspresikan pemikirannya dan terkadang bahkan mengubah dunia. Situs
jejaring sosial ini juga menjadi gerbang komunikasi antara JYJ dan fans
mereka. Ketiga personel JYJ – Kim Jae Joong, Park Yoo Chun, dan Kim Jun
Su – pernah menjadi anggota grup idola TVXQ di bawah SM Entertainment,
namun secara terbuka mereka mengungkap ketidakadilan kontrak mereka dan
memilih untuk berjalan sendiri secara independen.Ketiganya pernah
menjadi bagian dari grup yang sangat populer, namun tiba-tiba terasa
jauh dari fans mereka begitu membentuk JYJ. Tak ada cara bagi mereka
untuk berkomunikasi secara tepat dengan fansnya. Mereka sangat butuh
membangun jembatan agar bisa menggapai fans, dan situs jejaring sosial
menjadi jawaban yang jelas. Setelah meninggalkan TVXQ pada Juli 2009,
JYJ merilis dua album. Tapi tidak mudah bagi publik untuk mengakses
musik atau pertunjukan mereka. Karena alasan yang tak diketahui, JYJ tak
bisa tampil di hadapan publik lewat acara televisi atau chanel kabel.
Meski demikian, mereka berhasil menjual lebih dari 320.000 kopi dari
kedua albumnya yang dirilis tahun 2010 dan 2011. Hal ini membuktikan
ketenaran mereka tak mengenal batasan dan fans masih memberikan dukungan
tinggi atas karier mereka.Dulu, bahkan grup idola terkenal seperti
H.O.T dan Sechs Kies pun, yang mendapat respon panas dari fans dan
secara rutin menjual lebih dari sejuta kopi albumnya, tidak bisa
bertahan lama.
JYJ telah membuktikan bahwa
mereka berbeda. Ketenaran JYJ justru makin bertambah seiring dengan
waktu, meski tak bisa tampil di tayangan publik sekalipun. Cara terbaik
bagi JYJ untuk menggapai fans mereka adalah lewat Twitter. Ketiganya
mulai memanfaatkan Twitter untuk berhubungan dengan publik Oktober 2010
lalu, setahun setelah mereka lepas dari TVXQ.Hingga 3 Januari 2012 lalu
Jae Joong (@mjjeje) sudah memiliki 672.205 follower – jumlah terbanyak
di antara ketiga personel JYJ. Dia juga paling sering men-tweet dengan
total 1.030 tweet sejauh ini. Hal ini berarti dia dengan sadar berupaya
untuk terus menjalin komunikasi dengan fansnya. Dia juga memiliki 20.248
di dalam ‘Lists’ miliknya. Yoo Chun (@6002theMicky) saat ini memiliki
531.137 follower dengan 17.401 ‘Lists’, sementara Jun Su (@0101xiahtic)
memiliki 539.037 follower dan 16.777 ‘Lists’.Sayangnya, akun Twitter Jun
Su di-hack seseorang akhir tahun lalu. Tanggal 19 Desember, dia
menciptakan akun Twitter baru, @1215thexiahtic. Tak sampai sebulan
setelah menciptakan halaman Twitter baru, Jun Su sudah memiliki 97.807
follower dan berada dalam 2.066 ‘Lists’.
Salah seorang follower (@100t****) menulis, “Saya rasa para personel JYJ
jadi makin jujur dan terbuka dibanding saat mereka bersama label
sebelumnya. Dulu, mereka seperti selebriti yang tak bisa didekati, tapi
sekarang mereka lebih dekat. Mereka menjawab pertanyaan dan memberi
informasi pada fans tentang hal-hal yang ingin kami ketahui.”Ini seperti
sebuah reality show, di mana personel JYJ berinteraksi dengan
orang-orang yang dekat dengan mereka lewat halaman Twitter, dan fans
mereka bisa menyaksikannya secara live. Seorang follower di Twitter
sekaligus penggemar JYJ (@tr*****) menulis, “Fans kerap lupa akan idola
favorit mereka begitu sang idola berhenti tampil di televisi. Namun,
saat selebriti lain berbicara tentang diri mereka sendiri di acara TV,
JYJ meng-update fans dengan keberadaan mereka sehingga membuat kami
merasa lebih dekat dengan mereka.”
Terpilih Sebagai Best Idol Star 2011
JYJ mengalahkan penyanyi/aktor Lee Seung Ki serta girlband Girls’
Generation untuk menjadi bintang idola top Korea tahun ini. Mulai 8
hingga 28 Desember lalu, KBS menggelar jajak pendapat 2011 Best Icon
Award di situs mereka, dan JYJ muncul di posisi pertama untuk kategori
Best Idol Star.JYJ mendapatkan 58.357 suara, mengalahkan Lee Seung Ki
yang mendapat 53.560 suara. JYJ yang merilis album Korea pertama mereka,
In Heaven tahun 2011 lalu telah membuktikan mereka adalah musisi yang
berbakat. JYJ tak hanya menyisihkan Seung Ki, namun juga Park Shi Hoo,
Kim Hyun Joong, Girls’ Generation, dan banyak lainnya. Segmen favorit
netter di Gag Concert adalah The Loving Man Who Makes Ambiguous
Decisions yang menduduki posisi No. 1, sementara aktor Shin Ha Kyun dari
serial Brain merebut posisi No. 1 untuk Best Cast Role. Fans juga lebih
memilih ‘Choir’ daripada ‘Ramen Expert’ sebagai misi favorit mereka
dalam acara Happy Sunday – Qualifications of Men.Salah seorang staf KBS
meng-upload sebuah foto dan men-tweet, “Karena masalah jadwal, kami
pergi menemui JYJ yang sedang syuting di Kangnam dan menyampaikan
penghargaan Best Idol Star. Ketiganya masih penuh semangat dan ceria
seperti dulu. Kami bahkan membawakan obat herbal untuk mereka konsumsi
dan menjaga kesehatan mereka...”Di dalam foto tersebut, para personel
JYJ terlihat memegang penghargaan dan obat herbal pemberian staf dengan
ekspresi gembira di wajah.
Post By : Hwa Geum Yeon
Source : A+459 (AsianGrup Web)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar