Minggu, 22 Januari 2012

JYJ - Tembus Amerika Selatan

Popularitas JYJ makin menanjak saja. Kini, ketiga mantan personel TVXQ itu siap menggelar konser tunggalnya di dua negara di Amerika Selatan. Semua itu berkat kekuatan situs jejaring sosial yang sudah memperkenalkan musik mereka pada publik dunia.



Hibur Fans di Chile dan Peru

Image     JYJ sudah mengumumkan rencana mereka untuk tur ke Amerika Selatan. “Tur konser JYJ ke Amerika Selatan sudah dipastikan. Konser tunggal JYJ tersebut akan digelar 9 Maret di Chile, dilanjutkan di Peru pada 11 Maret,” ungkap C-JeS Entertainment pada 4 Januari lalu.  Konser pada 9 Maret mendatang akan digelar di Teatro Caupolican di Santiago, Chile yang sebelumnya pernah menjadi venue bagi konser KORN dan X JAPAN. Sementara pertunjukan pada 11 Maret digelar di Explanada Sur del Estadio Monumental di Lima, Peru yang memiliki kapasitas 5.000 penonton.“Popularitas JYJ di Amerika Selatan memiliki kelas yang berbeda dari demam K-Pop lainnya. Ketenaran mereka melampaui artis lokal serta artis-artis pop Amerika, dan mereka memiliki dukungan besar dari para remaja serta fans berusia 20-an,” kata promotor JYJ di Amerika Selatan.Sementara personel JYJ sendiri berkomentar, “Negaranya sangat jauh dan penerbangannya melebihi 30 jam. Setelah merilis album berbahasa Inggris (The Beginning) tahun 2010 lalu bersama Kanye West dan Rodney Jerkins, jumlah fans di Amerika tumbuh dengan cepat. Karena itu, meski kedua negara itu sangat jauh, tapi rasanya juga sangat dekat bagi kami.”

     “Selama 2010 Worldwide Album Showcase, banyak fans Amerika Selatan yang datang ke konser kami di beberapa kota seperti Los Angeles dan San Francisco, bahkan hingga ke Eropa. Mereka sudah lama ingin kami datang ke Amerika Selatan. Kami senang bisa menepati janji kami pada fans, dan kami akan mempersiapkan pertunjukan sempurna untuk menyamai semangat Amerika Selatan,” lanjut JYJ.“Demam K-Pop dan kegembiraan JYJ memiliki jalur berbeda... Kami tak ingin ini dianggap sebagai tantangan baru Hallyu. Ini bukanlah masalah ke mana seseorang menggelar konser mancanegara pertama mereka, namun lebih mengenai seberapa banyak dan konten seperti apa yang dibawa ke pertunjukannya,” kata CEO C-JeS Entertainment, Baek Chang Joo. “Ini bukanlah konser untuk mencoba mendapatkan fans baru. Ini adalah konser di mana kami ingin membalas fans JYJ atas cinta dan dukungan mereka. Bagi fans Amerika Selatan yang sudah menunggu lama, kami akan menyajikan pertunjukan luar biasa yang sarat akan vokal dan harmonisasi JYJ, selain juga berbagai pertunjukan lainnya,” tambahnya.

Dekat Dengan Fans Berkat Twitter

Image     Di tahun 2011, banyak berita dunia menyebar dengan cepat lewat berbagai situs jejaring sosial. Mereka yang tak memiliki tempat untuk menyuarakan pendapat mereka juga menggunakan situs-situs tersebut untuk mengekspresikan pemikirannya dan terkadang bahkan mengubah dunia. Situs jejaring sosial ini juga menjadi gerbang komunikasi antara JYJ dan fans mereka. Ketiga personel JYJ – Kim Jae Joong, Park Yoo Chun, dan Kim Jun Su – pernah menjadi anggota grup idola TVXQ di bawah SM Entertainment, namun secara terbuka mereka mengungkap ketidakadilan kontrak mereka dan memilih untuk berjalan sendiri secara independen.Ketiganya pernah menjadi bagian dari grup yang sangat populer, namun tiba-tiba terasa jauh dari fans mereka begitu membentuk JYJ. Tak ada cara bagi mereka untuk berkomunikasi secara tepat dengan fansnya. Mereka sangat butuh membangun jembatan agar bisa menggapai fans, dan situs jejaring sosial menjadi jawaban yang jelas. Setelah meninggalkan TVXQ pada Juli 2009, JYJ merilis dua album. Tapi tidak mudah bagi publik untuk mengakses musik atau pertunjukan mereka. Karena alasan yang tak diketahui, JYJ tak bisa tampil di  hadapan publik lewat acara televisi atau chanel kabel. Meski demikian, mereka berhasil menjual lebih dari 320.000 kopi dari kedua albumnya yang dirilis tahun 2010 dan 2011. Hal ini membuktikan ketenaran mereka tak mengenal batasan dan fans masih memberikan dukungan tinggi atas karier mereka.Dulu, bahkan grup idola terkenal seperti H.O.T dan Sechs Kies pun, yang mendapat respon panas dari fans dan secara rutin menjual lebih dari sejuta kopi albumnya, tidak bisa bertahan lama. 

     JYJ telah membuktikan bahwa mereka berbeda. Ketenaran JYJ justru makin bertambah seiring dengan waktu, meski tak bisa tampil di tayangan publik sekalipun. Cara terbaik bagi JYJ untuk menggapai fans mereka adalah lewat Twitter. Ketiganya mulai memanfaatkan Twitter untuk berhubungan dengan publik Oktober 2010 lalu, setahun setelah mereka lepas dari TVXQ.Hingga 3 Januari 2012 lalu Jae Joong (@mjjeje) sudah memiliki 672.205 follower – jumlah terbanyak di antara ketiga personel JYJ. Dia juga paling sering men-tweet dengan total 1.030 tweet sejauh ini. Hal ini berarti dia dengan sadar berupaya untuk terus menjalin komunikasi dengan fansnya. Dia juga memiliki 20.248 di dalam ‘Lists’ miliknya. Yoo Chun (@6002theMicky) saat ini memiliki 531.137 follower dengan 17.401 ‘Lists’, sementara Jun Su (@0101xiahtic) memiliki 539.037 follower dan 16.777 ‘Lists’.Sayangnya, akun Twitter Jun Su di-hack seseorang akhir tahun lalu. Tanggal 19 Desember, dia menciptakan akun Twitter baru, @1215thexiahtic. Tak sampai sebulan setelah menciptakan halaman Twitter baru, Jun Su sudah memiliki 97.807 follower dan berada dalam 2.066 ‘Lists’.

     Salah seorang follower (@100t****) menulis, “Saya rasa para personel JYJ jadi makin jujur dan terbuka dibanding saat mereka bersama label sebelumnya. Dulu, mereka seperti selebriti yang tak bisa didekati, tapi sekarang mereka lebih dekat. Mereka menjawab pertanyaan dan memberi informasi pada fans tentang hal-hal yang ingin kami ketahui.”Ini seperti sebuah reality show, di mana personel JYJ berinteraksi dengan orang-orang yang dekat dengan mereka lewat halaman Twitter, dan fans mereka bisa menyaksikannya secara live. Seorang follower di Twitter sekaligus penggemar JYJ (@tr*****) menulis, “Fans kerap lupa akan idola favorit mereka begitu sang idola berhenti tampil di televisi. Namun, saat selebriti lain berbicara tentang diri mereka sendiri di acara TV, JYJ meng-update fans dengan keberadaan mereka sehingga membuat kami merasa lebih dekat dengan mereka.”

Terpilih Sebagai Best Idol Star 2011 

Image     JYJ mengalahkan penyanyi/aktor Lee Seung Ki serta girlband Girls’ Generation untuk menjadi bintang idola top Korea tahun ini. Mulai 8 hingga 28 Desember lalu, KBS menggelar jajak pendapat 2011 Best Icon Award di situs mereka, dan JYJ muncul di posisi pertama untuk kategori Best Idol Star.JYJ mendapatkan 58.357 suara, mengalahkan Lee Seung Ki yang mendapat 53.560 suara. JYJ yang merilis album Korea pertama mereka, In Heaven tahun 2011 lalu telah membuktikan mereka adalah musisi yang berbakat. JYJ tak hanya menyisihkan Seung Ki, namun juga Park Shi Hoo, Kim Hyun Joong, Girls’ Generation, dan banyak lainnya. Segmen favorit netter di Gag Concert adalah The Loving Man Who Makes Ambiguous Decisions yang menduduki posisi No. 1, sementara aktor Shin Ha Kyun dari serial Brain merebut posisi No. 1 untuk Best Cast Role. Fans juga lebih memilih ‘Choir’ daripada ‘Ramen Expert’ sebagai misi favorit mereka dalam acara Happy Sunday – Qualifications of Men.Salah seorang staf KBS meng-upload sebuah foto dan men-tweet, “Karena masalah jadwal, kami pergi menemui JYJ yang sedang syuting di Kangnam dan menyampaikan penghargaan Best Idol Star. Ketiganya masih penuh semangat dan ceria seperti dulu. Kami bahkan membawakan obat herbal untuk mereka konsumsi dan menjaga kesehatan mereka...”Di dalam foto tersebut, para personel JYJ terlihat memegang penghargaan dan obat herbal pemberian staf dengan ekspresi gembira di wajah.    


Post By : Hwa Geum Yeon
Source  : A+459 (AsianGrup Web)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar