Sabtu, 21 Januari 2012

Jo Hun Jae - Pria Sederhana yang Ingin Jatuh Cinta


Kesuksesan yang diraih Jo Hyun Jae lewat serial comeback-nya, 49 Days berhasil melambungkan namanya dikenal hampir di seantero Asia. Dia sukses menyentuh hati para wanita lewat aktingnya sebagai Han Kang. Sayang, kisah cintanya di kehidupan nyata tidak selancar peran-perannya di serial drama. Kesibukannya membuat dirinya tak bisa merasakan kasih sayang seorang kekasih hingga membuatnya merasa kesepian.







Berhenti Sekolah dan Bekerja

     Jo Hyun Jae terlahir pada 9 Mei 1980 di Seoul, Korea Selatan. Hyun Jae bukan sosok aktor yang terbuka dengan kisah masa lalunya. Anak bungsu di keluarganya ini pernah drop out dari sekolah berdasarkan keputusannya sendiri. Hal ini dilakukannya semata-mata karena dia sudah tidak memiliki ketertarikan lagi dalam belajar. Baginya, sekolah bukanlah hal penting dan hanya membuang-buang waktu dan uang. Pada saat itu keuangan keluarga Hyun Jae bisa dibilang tidak berkecukupan. Setelah drop out dari sekolahnya, dia memutuskan untuk langsung bekerja. Saat ditanya tentang keputusannya saat itu, Hyun Jae mengaku dia tidak pernah menyesal dengan keputusan yang sudah diambilnya, karena keadaannya memang tidak memungkinkan baginya untuk melanjutkan sekolah. “Saya tidak tertarik dalam belajar dan merasa sekolah tidak berarti bagiku. Saya merasa bekerja lebih baik. Keluarga saya miskin, tetapi itu bukan karena mereka tidak bisa membayar uang kuliah sehingga saya berhenti sekolah. Ini adalah keputusan saya sendiri dan saya melakukannya tanpa penyesalan sedikit pun sampai hari ini,” ungkapnya. Setelah berhasil menghidupi keluarganya, Hyun Jae kembali melanjutkan sekolahnya hingga ke jenjang perkuliahan. Dia pun melanjutkan sekolahnya di Myungji University dan Dangook University jurusan teater dan film. Hyun Jae masuk ke dunia hiburan Korea sebagai seorang penyanyi. Dia tergabung dalam sebuah boyband bernama Guardian yang debut tahun 90-an. Karena pada saat itu, Kpop belum sepopuler saat ini, jadi keberadaan Hyun Jae di dunia hiburan hanya dipandang sebelah mata. 

Populer Berkat 49 Days

     Tahun 1999, Hyun Jae mengawali debut aktingnya dengan berperan di sebuah serial harian berjudul Kaist. Di drama ini dia berperan sebagai Dongwha, seorang siswa lulusan dari Kaist. Meski serial ini cukup disukai banyak orang, penampilan Hyun Jae tidak begitu menonjol. Dia mencoba meningkatkan kualitas aktingnya dengan berperan di serial Father and Son dan That’s Perfect tahun 2001, namun kemunculan Hyun Jae masih belum dapat mengangkat namanya sebagai seorang aktor. Tahun berikutnya, Hyun Jae berkesempatan bermain di serial saeguk pertamanya, Daemang. Serial ini berhasil mengangkat namanya sebagai aktor pendatang baru, sampai akhirnya dia berhasil mendapatkan peran utamanya dalam serial Love Letter di tahun 2003. Di serial ini Hyun Jae berperan sebagai pendeta bernama Lee Woo Jin yang telah dibuang oleh ibunya semasa kecil. Karier Hyun Jae sebagai aktor makin berkembang. Masih di tahun yang sama, dia kembali mendapatkan peran utama dalam serial First Love dan film perdananya berjudul Untold Scandal.  Tahun 2004, Hyun Jae berkesempatan beradu akting dengan seorang aktris Jepang Noriko Nakagoshi dalam sebuah drama pendek berjudul Star’s Echo. 

     Drama ini tak hanya tayang di Korea tapi juga ditayangkan di salah satu stasiun televisi ternama Jepang, Fuji TV. Nama Hyun Jae semakin dikenal saat dia memerankan serial Shining Days dan beradu akting dengan aktris cantik Song Hye Kyo tahun 2004.   Dia kembali beradu akting dengan aktris cantik dalam serial Only You, yaitu Han Chae Young. Di drama ini dia berperan sebagai Han Lee Joon, seorang pemuda kaya yang mencari keberadaan ibunya. Penampilan menawan Hyun Jae kembali ditunjukkannya dalam serial komedi romantis One Mom and Three Dads. Di sini dia berperan sebagai pria pelit yang selalu perhitungan dengan uang, tapi di saat harus merawat anak sahabatnya, dia bahkan tidak lagi memikirkan masalah uang. Setelah menyelesaikan wajib militernya, Hyun Jae kembali memikat para penggemarnya lewat serial 49 Days yang membuat namanya semakin populer. Bahkan berkat serial produksi SBS ini, muncul forum-forum penggemar di internet yang secara khusus memberikan dukungannya pada Hyun Jae. Meski belum berhasil meraih penghargaan, popularitas Hyun Jae cukup menakjubkan. Dia berhasil menyentuh hati para wanita lewat adegan menangis yang ditunjukkannya sebagai rasa cinta tulus terhadap lawan mainnya, Nam Gyu Ri. Tahun 2012, Hyun Jae siap menghibur kembali para penggemarnya dengan bermain dalam serial Youth Storm. 

Sosok Pria Sederhana

     Terlepas dari profesinya sebagai seorang aktor Hyun Jae merupakan sosok pria yang sederhana. Dia tidak menunjukkan penampilan glamor yang biasa dilakukan oleh para selebritis. Dia biasanya keluar hanya untuk mempromosikan serialnya atau saat menggelar jumpa fans. Meski Hyun Jae tampak pemalu dan sederhana, kata-katanya sedikit bertentangan dengan penampilannya tersebut. Dalam sebuah wawancara aktor tampan ini pernah mengatakan dia adalah orang yang dapat dengan mudah mengekspresikan rasa suka terhadap seseorang. “Ketika bertemu seseorang yang menarik bagiku, saya cenderung mengekspresikannya secara aktif dan selalu mengatakan padanya kalau saya menyukainya,” ungkap Hyun Jae. Kemampuan Hyun Jae untuk memerankan berbagai karakter telah membawanya untuk menerima berbagai peran yang beragam. Tidak membutuhkan waktu yang lama bagi Hyun Jae untuk beradaptasi dengan peran di serial berikutnya. Dengan memanfaatkan forum-forum penggemar di internet, dia mencoba mengetahui bagaimana para penggemar melihat aktingnya. Dan itulah yang dijadikannya sebagai acuan untuk memilih peran berikutnya.

Jalani Wajib Militer

     Setelah merampungkan serial One Mom And Three Dads di tahun 2008, Hyun Jae memutuskan untuk menunaikan kewajibannya sebagai putra bangsa Korea dengan mengikuti serangkaian kegiatan militer. Selama dua tahun, dia vakum dari dunia hiburan dan menjalani hari-harinya sebagai tentara Korea. Hyun Jae berhasil dimasukkan ke dalam unit khusus di mana mereka dapat menunjukkan bakat mereka meski sedang menjalani aktivitas militer. Berada di unit khusus, tidak terlalu susah dibandingkan di unit lainnya. Meski begitu, Hyun Jae tidak ingin mengambil jalan yang begitu mudah untuk menghabiskan dua tahunnya di militer. Dia pun menjabat sebagai tentara prajurit untuk Batalion 2. Setelah bekerja keras mengikuti semua kegiatan militer selama dua tahun, akhirnya Hyun Jae dibebastugaskan pada 19 Juni 2010, dan kembali ke dunia hiburan yang telah lama ditinggalkannya tersebut. 

Lekat dengan Dunia Menyanyi

     Setelah pernah menjadi seorang personel boyband dan merilis single digital berjudul Different Space, Same Memory tahun 90-an, Hyun Jae memutuskan untuk meninggalkan dunia musik dan fokus di bidang akting sebagai seorang aktor. Namun, bukan berarti Hyun Jae benar-benar terlepas dari dunia musik. Meski bukan sebagai penyanyi, wajah tampannya telah menghiasi MV sejumlah penyanyi, salah satu di antaranya adalah SeeYa pada tahun 2007. Ternyata kedekatannya dengan dunia musik, membuatnya rindu untuk menunjukkan bakat bernyanyinya. Akhirnya di serial 49 Days, Hyun Jae berhasil mempesona banyak orang dengan suara merdunya dalam menyanyikan lagu soundtrack yang berjudul Even If I Can Only Live for One Day.Selain dikenal sebagai aktor dan mulai merambah dunia musik, Hyun Jae juga dikenal sebagai model. Dia sudah sering didapuk sebagai model majalah terkenal Korea seperti Vogue, Audi, dan CeCi. Hyun Jae juga membintangi iklan berbagai macam produk. Iklan pertamanya adalah produk minuman Pocari Sweat tahun 2000. 

Ingin Jatuh Cinta

     Karakter-karakternya di beberapa serial telah memancarkan aura wajah tampan dengan kepribadiannya yang biasa. Tapi kepribadiannya ini sangat jauh berbeda dengan kepribadian aslinya. Meski cenderung bersikap low profile di setiap wawancara yang dilakukannya, dia menunjukkan kecerdasan dan kepribadian menarik lainnya. Dari banyaknya karakter yang sudah dimainkannya, Hyun Jae mengaku dirinya belum pernah mencoba peran jantan, dingin dan pendiam. “Saya tidak selalu ingin mencoba memainkan karakter pendiam. Saya ingin mencoba peran yang unik dan menyegarkan dalam genre baru. Saya menyukai tantangan dan ingin bereksperimen. Saya juga ingin memainkan karakter penjahat kharismatik dalam film. Seorang pria macho dalam produksi skala besar juga terlihat baik. Jika itu adalah proyek yang bagus, saya tidak keberatan, jika saya tidak bermain sebagai pemain utama,” ungkap Hyun Jae. Alasan memilih 49 Days, karena menurutnya serial ini merupakan melodrama fantasi yang berbeda dan sangat inovatif serta menarik. Selalu bekerja keras untuk mengejar kariernya dengan bermain dalam drama terus menerus membuatnya melupakan satu hal yang cukup penting dalam kehidupan, yaitu cinta. Hyun Jae mengakui kalau dia merasa kesepian karena tidak memiliki hal tersebut. Sesuatu yang ingin dilakukannya setelah menyelesaikan syuting adalah jatuh cinta. “Setelah drama berakhir, satu hal yang sangat ingin saya lakukan adalah jatuh cinta. Ketika di militer, saya merasa sangat kesepian karena saya tidak punya pacar. Saya berharap bisa berkencan dengan pacarku yang cocok nantinya,” ucapnya sambil tertawa. 


Post By : Hwa Geum Yeon
Source  : A+ 458

Tidak ada komentar:

Posting Komentar