Jumat, 11 Mei 2012

Fasilitas di Yeosu Expo


Selama beberapa bulan terakhir, pemandangan Yeosu, Jeollanam-Do telah mengalami transformasi dramatis dengan mega bangunan untuk membentuk Expo 2012 Yeosu Korea. Mulai dari ruangan pameran lepas pantai pertama di dunia, akuarium terbesar di Korea dan juga pavilion-pavilion unik dan berbeda. Menunggu pembukaan Expo Yeosu 2012 yang makin dekat, kita lihat keunikan masing-masing fasilitas.

1. EXPO Digital Gallery (EDG)



Dengan panjang 415m dan lebar 21m, EDG merupakan tampilan LED besar yang menutupi seluruh langit-langit dan dinding dari jalan utama di area expo. Selama expo berlangsung, siapapun melalui smartphone dapat menyerahkan foto dengan menggunakan aplikasi mobile khususnya dan foto tersebut kemudian dikumpulkan untuk membuat gambar bergerak besar berbentuk paus pada layar.

2. Theme Pavilion



Theme Pavilion merupakan paviliun pertama di dunia yang dibangun di lepas pantai. Merupakan bagian utama yang mempertontonkan tema dari Yeosu Expo 2012 Korea: “The Living Ocean and Coast,” dan mempromosikan kesadaran akan kelautan. Di dalam paviliun, akan disuguhkan gambar yang berbeda dari lima samudera.

3. Korea Pavilion



Dibangun dalam bentuk Taegeuk (Yin dan Yang), Korea Pavilion adalah paviliun perwakilan Korea. Fasilitas utamanya mencakup ruang pameran yang menampilkan berbagai presentasi media menggunakan teknologi digital dan analog, dan ruang media yang mempertontonkan berbagai film yang berbeda tentang masa depan peran Korea dalam industri kelautan global, serta pemandangan laut Korea yang indah.

4. Aquarium/Marine Life Pavilion



Merupakan akuarium terbesar di Korea dengan luas 6,030 m2. Terbagi menjadi tiga bagian: Coast Life Pavilion (ruang mamalia laut), Marine Life Pavilion (ruang interaksi dengan laut), dan Eco-Terarium, (ruang simulasi ekologis Amazon).

5. Climate Environment Pavilion



Pavilion ini dilengkapi dengan fasilitas yang mensimulasikan iklim dari Kutub Utara dan Selatan seperti terowongan es, mesin badai salju, dan dinding gletser. Pada akhirnya, ditujukan untuk mempromosikan pentingnya laut dalam perubahan iklim.

6. Marine Civilization & City Pavilions



Dibangun untuk membantu “Humankind’s Challenges and Achievements with the Sea.”  Marine Civilization & City Pavilions menampilkan kompas besar, dan perahu yang menunjukkan gaya hidup kuno di lautan.


7. International Pavilion


Merupakan bagian terbesar di area expo, International Paviliun adalah ruang utama untuk pameran oleh 106 negara peserta. Hal ini dibagi menjadi lima bagian, masing-masing diberi nama berdasarkan 5 samudra di bumi, dan juga beragam fasilitas modul untuk mengakomodasi pameran yang unik. Di lantai dua ada restoran yang menyajikan dan menjual makanan khusus dari seluruh dunia. Dan bagian luar Paviliun ini dirancang untuk mewujudkan kepulauan Dadohae National Marine Park.

8. EXPO Hall



Terdiri dari ruang konser, multi-performance theater  dan conventional hall. Aula Expo merupakan tempat yang tepat untuk beragam pertunjukan. Selama periode expo, akan diselenggarakan berbagai program budaya serta Ocean Forum.

9. Corporate Pavilions



Corporate Pavilions menggambarkan laut, industri pembangunan kapal, IT dan industri kelautan lainnya. Paviliun ini terdiri dari tujuh sub-paviliun perusahaan seperti GS, Hyundai Motor, LG, Lotte, Samsung, SK dan POSCO, dan satu paviliun perusahaan patungan.

10. Energy Park



Energy Park dirancang untuk menunjukkan visi 'Low Carbon, Green Growth’. Informasi mengenai produksi energi terbarukan dari pembangkit listrik tenaga surya dan pusat energi promosi ada di gedung ini. Energy Park juga memiliki platform pendidikan energi melalui energi orkestra, air sepeda meriam, dan lantai dansa. Kemudian ada juga bus listrik online yang berjalan pada daya yang disediakan dengan listrik nirkabel.

11. Most Valuable Life (MVL) Hotel



Terletak di daerah pantai, Hotel MVL memiliki kamar dengan pemandangan pantai yang fantastis, bersama dengan restoran mewah, lounge, sauna, pusat kebugaran, dll. Hotel ini telah dipilih untuk mengakomodasi VIP dari luar negeri selama periode Expo Yeosu.

12. EXPO Town



EXPO Town adalah fasilitas akomodasi untuk anggota keluarga staf Expo. Kawasan ini dapat menampung hingga 6,600 orang, dan dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, seperti  klinik kesehatan, pusat bisnis, pusat keamanan, laundry umum, toko-toko kecantikan, mini market, sarana ibadah, dan lainnya.




Source :Korea Tourism Organization (Indonesia)
 https://www.facebook.com/notes/korea-tourism-organization-indonesia/fasilitas-di-yeosu-expo-2/398350013519216 Via IniSajaMo
- HGY -




TAKE WITH FULL CREDIT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar