Senin, 07 Mei 2012

Trend Sub Unit Grup Membantu Popularitas Kpop!


 
Selama perkembangan musik Kpop yang sudah mendunia seperti sekarang, ada trend tersendiri dari munculnya beberapa sub kelompok pada kelompok asli group Kpop. Pola debutnya sederhana, mereka memilih beberapa anggota kemudian digabung ke dalam group baru, diberi nama baru, dan dipomosikan sebagai kelompok terpisah.

Pembentukan sub kelompok ini terbukti efektif untuk keberhasilan popularitas baik bagi sub unit itu sendiri maupun untuk group aslinya. Seperti yang dilansir oleh soompi, ada beberapa manfaat dari pembentukan sub unit tersebut, diantaranya:
Memberikan kesempatan untuk menampilkan beberapa anggota yang kurang dikenal.
Menciptakan citra yang sama sekali berbeda untuk memperluas basis penggemar secara keseluruhan
Meningkatkan popularitas akan grup asli mereka sendiri.
Selain 3 hal tersebut diatas, nilai income (pendapatan) yang diperoleh oleh artis itu sendiri juga merupakan realitas yang nyatanya memang cukup bisa "meningkatkan" income sang artis itu sendiri. SNSD dengan TaeTiSeo meluncur sebagai sub unit group yang sukses meraih perhatian besar saat ini. Sebelumnya ada beberapa sub grup lain yang juga sama meramaikan dunia Kpop dengan ciri khasnya masing-masing.

Super Junior K.R.Y. Muncul dengan jumlah anggota 13 orang, Super Junior adalah grup idola terbesar di K-Pop. Hal ini membuatnya sangat sulit bagi masyarakat umum mengenali semua anggota, selain yang lebih populer seperti Leeteuk, Siwon, dan Heechul. Saat itu Super Junior KRY dibentuk dengan beberapa anggota yang kurang dikenal, meskipun sama-sama berbakat dan jadi pusat perhatian. Terdiri dari Kyuhyun, Ryeowook, dan Yesung, Super Junior KRY menitikberatkan inovasinya pada bakat vokal mereka, dan melakukan kinerja luar biasa dalam membangun sub grup dengan kekuatan vocal mereka. Super Junior KRY juga dikreditkan sebagai salah satu sub grup Kpop pertama.

CL & Minzy. Pasangan dari rapper 2NE1 ini merupakan duo yang pasti dikenang dengan skill vocal dan tarian yang baik. CL dan Minzy berkolaborasi pada satu lagu " Please Don't Go", dengan gaya keren untuk sebuah lagu menarik yang diberi sentuhan kelucuan dan menciptakan kombinasi unik dengan hasil yang disukai oleh penggemar 2NE1. Meskipun CL & Minzy hanya meluncurkan satu single digital, namun memberikan kontribusi bagi keberhasilan lebih luas pada grup 2NE1.

GD & T.O.P. Kwon Ji Yong/G-Dragon dan Choi Seung Hyun/TOP, merupakan 2 anggota Big Bang yang memiliki skill rapper cukup baik, akar musik Hip Hop mereka jadi kekuatan dan warna tersendiri bagi Big Bang walaupun sebagian besar lagu Big Bang (terutama lagu baru) tidak condong ke arah musik hip hop. Dengan bekerja sama dan membentuk sub unit GD & TOP tahun 2010, duo ini telah berhasil menyuguhkan musik mereka untuk audiens yang lebih spesifik, menjangkau semua penggemar musik Hip Hop. Pengaruh mereka untuk musik Hip Hop masih terasa sampai sekarang, bahkan baru-baru ini mereka sukses berkolaborasi dengan penyanyi asal Inggris Pixie Lott.

Trouble Maker. Duo dari group berbeda namun satu dan jadi unik, itulah kesan pertama dari Trouble Maker. Disebut berbeda karena masing-masing mewakili kelompok aslinya sendiri-sendiri, Hyuna untuk 4Minute dan Hyun Sung untuk B2ST/BEAST, namun sama-sama dari Cube Entertainment. Meski hanya berjalan sekitar satu bulan setelah rilis singlenya, duo ini meninggalkan kesan yang kuat dan dikenang tahun 2011 lalu, bahkan penampilan mereka di MAMA 2011 merupakan salah satu topik diskusi yang paling banyak dibicarakan tahun lalu.

SISTAR19. Sub unit ini cukup banyak dikreditkan untuk menempatkan SISTAR pada popularitasnya. Sebelumnya SISTAR secara keseluruhan tidak mengumpulkan banyak perhatian dari fans K-Pop. Namun keberhasilan dari Hyorin dan Bora yang menampilkan keterampilan rap yang kuat serta gaya seksi mereka, cukup berhasil mengarahkan perhatian ke kelompok asal mereka, SISTAR.

Selain mereka diatas, tahun lalu masih banyak lagi sub unit group yang setidaknya memberikan warna berbeda dalam musik Kpop. Seperti sub unit dari artis SM yang dibentuk dari anggota yang berbeda tetapi berfokus pada balada dengan nama SM The Ballad yang mencakup Jay KimTrax , Jonghyun SHINee, Kyuhyun Super Junior dan Jino.

Co-Ed School juga telah membentuk 2 sub-unit, satu untuk grup perempuan bernama 5Dolls dan satu sub unit laki-laki bernama Speed. Mereka menampilkan berbagai jenis karisma dan hampir bisa dikatakan justru mereka malah meninggalkan grup asli dan telah berubah menjadi kelompok independen untuk sementara waktu.

Sampai saat ini dari beberapa sub unit baru selain, yang sudah memiliki nama seperti D2O, M&D, Bang & Zello, Orange Caramel, Rainbow Pixie, Pink Sugar, dan TaeTiSeo, sub unit lainnya yang juga banyak diantisipasi adalah dari grup MBLAQ. Dua anggota mereka G.O dan rapper Mir dikabarkan akan segera membentuk sub unit dan diharapkan bisa memberikan kontribusi baik untuk memberikan popularitas lebih seperti sub kelompok lain.



Source : KPopersInd
Post By : HGY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar