Jumat, 20 Januari 2012

Seollal - Tahun Baru Korea

Annyeong chingudeul ... sebentar lagi ,, orang - orang cina bakalan ngerayain tahun baru atau biasanya kita sebut imlek. Tapi tahu gag ??? kalo ternyata orang korea juga ngerayain tahun baru imlek,, hanya saja istilah yang digunakan berbeda. 

jika orang cina menyebutnya dengan istilah imlek maka di korea di kenal dengan istilah seollal :) kira - kira tahun 2012 ini ,, tahun apa yah menurut kalender korea sana ???

 

Tahun 2012 adalah Tahun Naga dan mitos binatang , terlihat dalam Hwangnyonggi, melambangkan kekuasaan dan kekayaan. (Courtesy Museum Istana Nasional Korea)
Hewan yang memiliki kepala menyerupai unta, mata dari kelinci, hidung babi, telinga seperti lembu, mirip dengan uang tanduk rusa, leher seperti  ular, tinju  sengit seperti harimau, cakar tajam dari elang dan sisik tidak berbeda dari ikan mas . Ada kumis panjang menghiasi mulut dan benjolan di tengah-tengah kepala, yang memungkinkan hewan untuk terbang di udara. Dengan cara ini, makhluk mitos naga digambarkan dalam “Boncho Gangmok (Rekaman Baris dari Botani Kedokteran Cina) awalnya diterbitkan pada 1596.
Tahun 2012 ini adalah Tahun Naga, atau Tahun Im-jin, menurut astrologi Cina, ketika nasib baik adalah diharapkan untuk memulai dan naik ke langit seperti  yang naga lakukan

Tahun Naga Hitam (Tahun Naga Air)

Naga adalah tanda kelima dan satu-satunya hewan fantastis dalam zodiak Cina. Naga adalah makhluk budaya, bukan hewan biologis. Ini adalah yang paling bergengsi dengan otoritas tertinggi, kata Cheon Jin-gi, direktur umum dari Folk Museum Nasional. Meskipun mitos, naga adalah hewan yang akrab. Ada pepatah yang mengatakan bahwa orang dapat menggambar naga meskipun mereka belum pernah melihat naga,. Tetapi mereka tidak bisa menggambar ular bahkan setelah melihat satupun”.
Di antara tahun-tahun siklus zodiak, tahun 2012 adalah Tahun Naga Hitam, sebagai “im” berarti hitam dan jin berarti naga menurut sistem “Ganji“Korea, atau siklus yg berumur enampuluh tahun. Sistem ini merupakan kombinasi dari 12 hewan zodiak dan lima warna tradisional - biru, merah, kuning, putih dan hitam.
Tahun Naga datang setiap 12 tahun, tetapi Black Dragon tiba setiap 60 tahun, membuat 2012 lebih istimewa. Tingkat kelahiran diperkirakan akan meningkat tahun depan, banyak pasangan menikah yang akan ingin bayi mereka lahir di bawah energi naga, bermartabat hitam yang kuat.

Naga dalam budaya Korea

Sang naga mewakili kekuatan, martabat dan keagungan. Selama Kerajaan Joseon (1392-1910), hanya para raja yang bisa menggunakan naga di istana sebagai simbol nya. Mereka mengenakan gollyongpo, atau jubah naga, minum dari botol dengan gambar naga dan membawa Hwangnyonggi, atau bendera naga kuning, ketika mereka memeriksa tentara. Yongsang, atau takhta,  dihiasi dengan relief naga.
Binatang mitos juga populer di kalangan rakyat jelata sebagai simbol kekuasaan, khususnya berkaitan dengan air. Di daerah pantai, orang mengadakan “Yongwang-gut”, sebuah ritual perdukunan menghormati raja naga yang tinggal di laut dan bertanggung jawab atas air dan hujan. Mereka juga menawarkan eobuseum, atau nasi yang dibungkus kertas putih , kepada raja naga pada hari bulan purnama pertama tahun ini, berharap keberuntungan sepanjang tahun mendatang. 
Karena naga dianggap binatang suci dari legenda, orang selalu ingin melihat naga, bahkan dalam mimpi mereka. Mimpi yang menampilkan naga dianggap menguntungkan. Khusus untuk mimpi bayangan konsepsi bayi, naga itu diperhitungkan yang terbaik.
Dalam agama, naga adalah salah satu dharma dalam Buddhisme, muncul di berbagai tempat di kuil-kuil dan bertindak sebagai pelindung.

Seollal
Disebut juga
Tahun Baru Korea
Dirayakan
warga Korea di seluruh dunia
Jenis
Makna
Hari pertama dari kalender Korea (kalendar lunisolar)
Tanggal tahun 2012
23 Januari
Berhubungan dengan
Tahun Baru Korea (Korea: Seollal (설날) atau Gujeong (舊正) adalah hari raya rakyat Korea yang terbesar dan terpenting. Seollal dirayakan secara meriah sehingga hari libur berlangsung selama 3 hari karena dianggap lebih penting daripada hari tahun baru kalender Gregorian. Walaupun tidak terlalu populer, istilah Seollal juga berarti Yang-nyeok Seollal (양력설날, tahun baru kalender Gregorian) atau Shinjeong (신정).
Seollal jatuh pada tanggal yang sama dengan Tahun Baru Imlek, kecuali ketika bulan baru muncul antara jam 15:00 UTC (tengah malam waktu Korea) dan 16:00 UTC (tengah malam waktu Cina). Dalam kasus ini (rata-rata terjadi 24 tahun sekali), bulan baru akan muncul "keesokan harinya" di Korea dibanding di Cina, dan Seollal akan dirayakan sehari setelah Imlek di Cina.

Tradisi keluarga

Sebelum tahun baru

Hari terakhir bulan 12 Kalender Korea dinamakan seotdal geumeum dan malam sebelum tahun baru dinamakan jeya atau jeseok. Karena merupakan hari yang terakhir, sebisa mungkin orang-orang akan melunasi semua utang dan pembayaran serta berhenti menagih utang sampai tanggal 15. Pada jeseok, rumah tangga sibuk mempersiapkan tahun baru sampai tengah malam dan saling memberi hadiah akhir tahun berupa makanan dan minuman yang enak-enak kepada kerabat. Tradisi ini dinamakan sechan atau hadiah makanan.

Di hari pertama

Di pagi hari tahun baru Seollal, seluruh anggota keluarga, orang tua, pemuda-pemudi, pria dan wanita setelah mandi di pagi hari, mengenakan baju baru untuk menyambut tahun baru. Tradisi ini dinamakan seolbim. Setelah itu mereka akan melakukan jeongjo charye, memberi salam kepada leluhur. Seusai jeongjo charye, mereka mengunjungi dan memberi salam tahun baru (sebae) kepada kakek-nenek, orang tua, saudara yang lebih tua dan tetangga.  Orang tua menerima kunjungan dan salam dari anak-cucu serta saudara-saudara yang lebih muda. Sementara itu, setelah memberi salam tahun baru kepada orang tua dan kakek-nenek, para pemuda baru boleh bertemu dan berkumpul.
Sudah menjadi tradisi pada tahun baru, para tamu dihibur dan disajikan makanan. Untuk orang dewasa biasa disajikan minuman keras, dan anak-anak diberi orang tuanya angpao (sebaetdon), kue dan buah-buahan.  Orang yang sedang dalam masa berkabung selama satu atau dua tahun tidak melakukan kunjungan pada saat tahun baru, melainkan hanya menerima kunjungan saja.

Deokdam

Pada saat tahun baru, orang-orang berbicara dan mengungkapkan harapan dan hal-hal yang baik-baik, seperti mengharapkan kesehatan dan cita-cita.  Ini dinamakan deokdam atau ungkapan harapan yang baik.

Sebae

Sebae adalah cara memberi hormat kepada orang tua, kakek dan nenek pada hari tahun baru. Anak-anak mengucapkan salam tahun baru sambil membungkukkan badan "saehae bok manhi badeuseyo" (새해 많이 받으세요) yang artinya semoga mendapat banyak keberuntungan tahun baru..

Permainan tradisional

Banyak orang bermain permainan tradisional seperti Yut, permainan kartu Go-Stop, gasing, layangan dan jaegi chagi. Perempuan bermain neolttwigi.

Masakan dan minuman tahun baru

Tteokguk, masakan istimewa Seollal.
Masakan dan minuman tahun baru Seollal dinamakan seol-eumsik dan seol-sul. Seol-eumsik adalah istilah untuk semua jenis makanan yang disajikan pada hari itu. Masakan yang harus ada adalah sup kue beras atau tteokguk. Minuman keras yang dingin disajikan pada hari pertama bermakna keluarga akan menyambut datangnya musim semi.
Tteokguk dibuat dengan cara menumbuk adonan tepung beras yang sudah direbus dengan palu besar. Kemudian dibentuk menjadi gulungan yang dipotong bulat panjang yang akan direbus dalam kaldu daging, disajikan dengan daging sapi dan daging burung pegar. Sup ini juga disajikan sebagai sesajen jeongjo charye. Anak laki-laki ditanya umurnya dengan pertanyaan ”Neo tteokguk myeot geureut meogeot neunya?” (”Sudah berapa mangkuk tteokguk yang sudah kamu makan?”) yang bermakna sudah berapa kali ia merayakan tahun baru.
Di hari seollal juga banyak masyarakat Korea yang berdarmawisata seperti ke Gangneung dan Donghae di propinsi Gangwon di pesisir timur untuk menyaksikan terbitnya matahari pertama di tahun baru. 


Post by : Hwa Geum Yeon
Source  : wiki



Tidak ada komentar:

Posting Komentar